Pembelajaran adalah usaha
sitematis memungkinkan terciptanya pendidikan demi meraih internalisasi
perubahan secara terus-menerus (dinamika)dalam prilaku dan pemikiran manusia.
Maka, intensitas dan efektifitas hasil endidikan (out-put/graduated) sangat ditentukan
oleh manajemen mutu pembelajaran dan intruksi yag dijalankan dalam lembaga
pendidikan tersebut.
Ada 6
hal besar (mainstream) dalam Metode Manajemen Mutu Pendidikan (TQM) berbasis
psikologi pendidikan:
·
Memahmi sifat dasar setiap pengetahuan :
meneliti pengetahuan-pengetahuan yang memungkinkan terciptanya perubahan
prilaku,mulai dari proses observasi dan sampai pencontohan (terapan).
·
Penelitian pengetahuan sebagai pemikiran
(wacana),perubahan-perubahan gagasan serta pengaruh perbahan-perubahan tersebut
dalam diri anak didik (siswa)
·
Berbagai implikasi dari sifat dasar pengetahuan
untuk merancang sebuah proses pembelajaran
·
Meunjukan beberapa semple perancanaan
pembelajaran yang sistematis dan strateginya agar perencanaan-perencanaan
tersebut berjalan lebh efeltif
·
Mengefaluasi masalah-masaah yang muncul dalam
usaha mengkordinasikan berbagai aspirasi yang diterima para guru dari
kelompok-kelompok siswa-termasuk bagaimana mengelola masalah prilaku
·
Membedah keutuhan-kebutuhan umum dan khusus ara
siswa yang berkaitan erat dengan proses pembelajaran di dalam kelas-kelas
Selain faktor detail dan validitas format manajemen untuk
pembelajran yang ditawarka di sini,ini juga di dukung oleh kemudahnnya untuk di
terapkan dan metedologi penelitiannya yang berbasisnya pskologi pendidikan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar