Minggu, 06 Januari 2013

MANAJEMEN PEMBELAJRAN & INTRUKSI PENDIDIKAN


Pembelajaran adalah usaha sitematis memungkinkan terciptanya pendidikan demi meraih internalisasi perubahan secara terus-menerus (dinamika)dalam prilaku dan pemikiran manusia. Maka, intensitas dan efektifitas hasil endidikan (out-put/graduated) sangat ditentukan oleh manajemen mutu pembelajaran dan intruksi yag dijalankan dalam lembaga pendidikan tersebut.
                Ada 6 hal besar (mainstream) dalam Metode Manajemen Mutu Pendidikan (TQM) berbasis psikologi pendidikan:
·         Memahmi sifat dasar setiap pengetahuan : meneliti pengetahuan-pengetahuan yang memungkinkan terciptanya perubahan prilaku,mulai dari proses observasi dan sampai pencontohan (terapan).
·         Penelitian pengetahuan sebagai pemikiran (wacana),perubahan-perubahan gagasan serta pengaruh perbahan-perubahan tersebut dalam diri anak didik (siswa)
·         Berbagai implikasi dari sifat dasar pengetahuan untuk merancang sebuah proses pembelajaran
·         Meunjukan beberapa semple perancanaan pembelajaran yang sistematis dan strateginya agar perencanaan-perencanaan tersebut berjalan lebh efeltif
·         Mengefaluasi masalah-masaah yang muncul dalam usaha mengkordinasikan berbagai aspirasi yang diterima para guru dari kelompok-kelompok siswa-termasuk bagaimana mengelola masalah prilaku
·         Membedah keutuhan-kebutuhan umum dan khusus ara siswa yang berkaitan erat dengan proses pembelajaran di dalam kelas-kelas
Selain faktor detail dan validitas format manajemen untuk pembelajran yang ditawarka di sini,ini juga di dukung oleh kemudahnnya untuk di terapkan dan metedologi penelitiannya yang berbasisnya pskologi pendidikan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar